15 December 2012

If It's Not Your Business... Then Stay The Hell Out of It.




Gue selalu heran sama orang yang kerjaannya ngurusin hal yang sebenernya nggak penting juga buat diurusin. 

Bukan, bukan ngerasa paling bener, paling suci, paling baik. Bukan gue ngerasa nggak pernah ngurusin orang. Gue pribadi aja capek sama diri gue sendiri, ngapain juga ngurusin orang. Tapi, hey, gue tau batasan kapan harus ikut campur, dan kapan harus bungkam mulut gue sendiri.

Disaat suatu permasalahan nggak ada sangkut pautnya sama lo, dan nggak ngerugiin lo juga.. Kenapa harus diurusin sih? Mulai dari hal-hal kecil sampe hal-hal besar, selalu ada aja yang kerjaan mau ngurusin, dan selalu mau komplain. Okelah, sekali-dua kali kalau memang hal itu ngebuat risih kita, nggak masalah. Tapi kalau udah keseringan ngurusin, itu namanya ambles. Selama orang ngomongnya di belakang, selama kita nggak tau, nggak masalah. Mau ngomong sampe berbusa juga nggak ada ngaruhnya sama kita. Mending dihiraukan aja, biarin mulutnya bau sampah. Tapi kalau ada orang yang ngomong langsung didepan orangnya dan akhirnya sampe bikin ngedown sih, udah kelewatan.

Dan Alhamdulillah nya, gue nggak berada dilingkaran orang-orang yang kayak gitu. Contoh kecilnya deh, di keluarga gue. Di keluarga, cuma gue yang suka Sate Padang, yang lain enggak. Tapi mereka nggak permasalahin kayaknya.. Atau misalnya, temen gue ada yang suka makan jengkol balado, yang lain enggak. Tapi tiap dia lagi makan, yang lain nggak pada yang kayak "Dih, ngapain sih lo makan jengkol, kan bau"

Karena keluarga dan temen-temen gue ngerti, disaat suatu hal nggak ada sangkut pautnya sama diri sendiri, kita nggak perlu mengusik - selama nggak ngerisihin, biarin aja orang-orang ngelakuin hal yang mereka suka.

Juga kemarin, temen kerja gue di Mekdi, orang India, namanya Amit, baru aja cerita bagaimana dia bete karena orang-orang di kampusnya ngeledekin dia, hanya karena dia ngefans sama Shakhrukh Khan. Emang agak lucu, tapi gue nggak pernah sedikitpun niat bilang, "Lagian elo juga sih, Mit, ngapain juga demen sama Shahkrukh Khan?" atau apalah. Karena gue tau, disaat lo suka sesuatu dan orang bilang kebalikannya, itu nggak enak banget. Padahal kalau si Amit segitu ngefansnya sama Shakhrukh Khan, terus misalnya dia terobsesi sampe-sampe ngikutin gaya muterin pilar kayak di film-film Bollywood, atau dia mau dengerin lagu Hoch Hoch Hota Hae tiap hari, itu kan terserah Amit. Nggak ngerugiin temen-temennya juga..

Ya udahlah, gue nggak mau posting panjang-panjang lagi. Gue cuma mau menyampaikan beberapa kalimat buat dicerna..

Jangan pernah berhenti mengerjakan apapun yang lo suka, hanya karena orang lain bilang sesuatu yang bertentangan dengan lo. Do what you love, and love what you do - asal jangan bikin risih orang lain. Karena betapa ruginya elo kalau nantinya elo berhenti mengerjakan apa yang elo suka, hanya karena orang lain yang nggak suka.

Dan buat si pelaku, gue cuma mau bilang: Jadi dewasa sedikit lah. Ada baiknya berkaca dulu sama diri sendiri. Apa udah nggak ada kerjaan lagi yang bisa dilakuin, sampe-sampe ngurusin urusan orang lain? Coba introspeksi diri. Posisikan diri sebagai orang yang diurusin/diusik-usik. Sering-sering nanya sama diri sendiri, "Gimana ya, kalau gue yang diusik-usik gitu?"

Inti dari intinya: Kalau orang lain lagi mengerjakan sesuatu, and it has nothing to do with you, jangan terlalu repot-repot diurusin.


Sama kayak kalimat yang gue jadiin judul.



If it's not your business... Then stay the hell out of it.

No comments:

Post a Comment